LOGO puskesmas pelangan
Beranda > Berita > Tekan   Stunting, Puskesmas Pelangan Gelar  Pelatihan Pmba Bagi Kader Posy…
Puskesmas Pelangan Tangguh

TEKAN   STUNTING, PUSKESMAS PELANGAN GELAR  PELATIHAN PMBA BAGI KADER POSYANDU

Posting oleh puskesmaspelanganlobar - 11 Okt. 2021 - Dilihat 194 kali

TEKAN   STUNTING, PUSKESMAS PELANGAN GELAR  PELATIHAN PMBA BAGI KADER POSYANDU

Pelangan, 07 Oktober 2021 Puskesmas Pelangan latih Para Kader Posyandu dalam meningkatkan Konseling Pemberian Makanan pada Bayi dan Anak (PMBA) kegiatan ini dilakukan Selama 2 hari kedepan di Aula UPT Puskesmas Pelangan.

Pemberian makan yang terlalu dini dan tidak tepat dapat mengakibatkan anak menderita kurang gizi antara lain stunting. Untuk itu perlu dilakukan pemantauan pertumbuhan sejak lahir secara rutin dan berkesinambungan. Setiap keluarga yang mempunyai bayi dan anak usia 6-24 bulan hendaknya mempunyai pengetahuan tentang Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA), agar mampu memberikan ASI eksklusif dan menyiapkan MP-ASI yang sesuai di masing-masing keluarga.

Koordinasi Gizi UPT Puskesmas Pelangan (I Nyoman Kondre, AMGZ Menjelaskan bahwa Pelatihan PMBA bagi Kader Pelatihan Konseling PMBA kader diperoleh melalui suatu proses pelatihan menggunakan standar kurikulum dengan modul pelatihan Konseling pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA). pelatihan  ini banyak lagu-lagu yang diajarkan supaya pelatihan tidak membosankan dan mudah diingat oleh para kader. Hari Pertama diisi dengan teori mengenai ASI dan MP-ASI, acara dimulai dengan perkenalan, mengisi pohon kekhawatiran dan harapan, membuat kesepakatan dalam pelatihan, pretest, membuat anantomi payudara, latihan posisi menyusui yang baik, pentingnya ASI dan C materi lainnya.
Hari Kedua diisi dengan materi standar porsi dan tekstur MP ASI bagi bayi usia 6 bulan keatas dan dilanjutkan dengan praktek pembuatan MP ASI, serta latihan memberikan konsultasi kepada warga dan  praktek Langsung Pada warga yang memiliki  bayi balita ungkap nya Kondre.

Setelah dilakukannya pelatihan PMBA ini, kader posyandu diharapkan dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang didapat pada saat pelatihan secara efektif dan berkesinambungan.

Terima Kasih.
Pengarah ; Kepala UPT Puskesmas Pelangan (Ns.Zulqutbi, S.Kep), Pelaksana (Tim Gizi, Kondre dkk),
Penulis Berita : Promkes Pelangan_ Mas ari

 

Editor . Afandy

Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *