LOGO puskesmas pelangan
Beranda > Artikel > Lomba Posyandu Keluarga, Desa Mekar Sari Narmada Wakili Lombok Barat Di Ti…
Artikel

LOMBA POSYANDU KELUARGA, DESA MEKAR SARI NARMADA WAKILI LOMBOK BARAT DI TINGKAT PROVINSI

Posting oleh dpmdlobar - 1 Nov. 2021 - Dilihat 556 kali

Giri Menang (Suara NTB) – Posyandu Cempaka I Desa Mekar Sari Kecamatan Narmada mewakili Lombok Barat (Lobar) dalam penilaian lomba Posyandu Tingkat Provinsi NTB. Sebelumnya desa ini mendapatkan Juara I Lomba Desa di tingkat Kabupaten Lobar. Senin, 18 Oktober 2021, tim penilai lomba posyandu keluarga dari provinsi turun melakukan penilaian.

Penilaian Lomba Posyandu tersebut dibuka langsung Bupati Lobar H. Fauzan Khalid yang didampingi oleh Asisten I Setda Agus Gunawan, sejumlah Kepala OPD. Hadir juga Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Lobar Hj. Khairatun Fauzan Khalid, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lobar Hj. Nurhikmah Baehaqi, Camat Narmada M. Busyairi, Kepala UPT BLUD Puskesmas Narmada, Kades Mekar Sari Narmada Sapinah, kader dan petugas kesehatan bertempat di Posyandu Cempaka I, Dusun Karang Kates, Desa Mekar Sari, Narmada.

Bupati dalam sambutannya menyebut, posyandu mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis. Serta ujung tombak terdepan dalam membantu pelayanan kesehatan masyarakat. Khususnya dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan ibu dan bayi baru lahir, balita, ibu hamil dan keluarga berencana serta kegiatan terpadu lainnya yang terintegrasi dalam wadah posyandu keluarga.

“Di sisi lain, posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan sumber daya masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, terutama kesehatan ibu dan anak,” jelasnya.

Pelaksanaan Lomba Posyandu ini dinilai bupati, sangat relevan dengan keinginan Pemkab Lobar, baik dalam upaya mendekatkan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat, maupun untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan kesehatan. Mengingat masalah kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat sekaligus menjadi variabel untuk mengukur Indeks Pembangunan Manusia (IPM). “Saya berharap keberadaan posyandu mampu meningkatkan sarana dan prasarana infrastruktur kesehatan sebagai bagian dari pelayanan prima bagi masyarakat, khususnya ibu, bayi dan balita,” jelasnya.

Mengingat pelaksanaan lomba posyandu ini bertujuan untuk membina dan mengevaluasi kinerja posyandu sekaligus memberikan motivasi kepada pengelola dan kader posyandu. Kehadiran saya di lokasi ini merupakan komitmen kami Pemda  Lobar untuk menggerakkan dan mendukung posyandu keluarga di Kabupaten Lobar.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Posyandu Provinsi NTB Dr. H. Ashari mengatakan, dari setiap desa yang dikunjungi di NTB dari beberapa waktu lalu dalam memberikan penilaian, baru Pemda Lobar yang penuh menyambut tim penilai. Apalagi bupati, Ketua TP PKK, Ketua DWP dan OPD terkait dalam Posyandu Keluarga hadir memberikan atensinya kepada program unggulan Pemprov  NTB tersebut.

Artikel ini telah dipublikasikan oleh suarantb.com

klik disini untuk membaca : https://www.suarantb.com/lomba-posyandu-keluarga-desa-mekar-sari-narmada-wakili-lobar-di-tingkat-provinsi/

EDITOR : Tim redaksi suara NTB